Peranan Ipa Dalam Kehidupan - PERUBAHAN
SELAMAT DATANG DI DELOVER PUTRA SAOK LAWEH : ERICK YONANDA

Home » » Peranan Ipa Dalam Kehidupan

Peranan Ipa Dalam Kehidupan

Written By Erick Yonanda on Kamis, 20 Januari 2011 | Kamis, Januari 20, 2011

BAB I
PENDAHULAN

A.Latar Belakang 

Melalui pembelajaran dan pengembangan potensi diri pada pembelajaran IPA siswa akan memperoleh bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memahami dan menyesuaikan diri terhadap fenomena dan perubahan-perubahan di lingkungan sekitar dirinya, disamping memenuhi keperluan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pembelajaran dan pengembangan potensi ini merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam memasuki dunia teknologi, termasuk teknologi informasi pada era globalisasi. Meskipun demikian, pencermatan terhadap realitas di lapangan; pada mayoritas waktu dan tempat, pembelajaran IPA di sekolah.Kondisi objektif bermasalah lainnya di lapangan saat ini adalah bahwa materi penilaian hasil belajar untuk mata pelajaran IPA -dengan pelaksanaan yang dikordinasikan oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota- masih didominasi dan berfokus pada penilaian hasil belajar ranah kognitif melalui tes. 

Oleh karena itu, penilaian tersebut tidak pernah mengukur sejauh mana kinerja, karya, dan sikap siswa dalam kegiatan praktikum atau proses inkuiri IPA di sekolah itu telah berjalan dengan benar, melainkan yang diukur dan dievaluasi itu adalah sejauh mana siswa menguasai (mengetahui) sejumlah konsep-konsep IPA yang terdapat dalam buku ajar. Tidak jadi soal dengan cara apa siswa memperoleh pengetahuan dan penguasaan konsep-konsep tersebut. Dengan bersandar pada alasan ini lah para guru di sekolah pada umumnya "cenderung enggan" menyelenggarakan pembelajaran IPA yang lebih menuntut siswa terlibat dalam berbagai kegiatan praktikum dan jenis kegiatan inkuiri lainnya sekurang-kurangnya melalui metode demonstrasi, karena hal demikian dipandang kurang efektif untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap konsep-konsep dalam IPA.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Peranan Ipa Dalam Kehidupan

Setiap rosul, atau utusan dari yang Maha Pencipta seluruh alam, membawa mukjizat, yaitu satu pemberian dari Allah S.W.T. untuk melakukan hal yang luar biasa yang tidak mengikuti rumus sebab akibat.
Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir telah dikaruniai oleh Allah SWT dengan mukjizat ‘aqli (ma’nawi) dengan tujuan untuk membuktikan dakwah beliau hingga akhir zaman. Mukjizat yang bersifat ‘aqli ini adalah mukjizat yang dapat dipahami manusia dengan akal yang sehat, bebas dari emosi dan prasangka serta dengan mata hati yang murni yang masih dapat menerima hidayah. Mukjizat ‘aqli itu terkandung dalam ajaran al qur’an dan sunnah. Mukjizat ini lebih istimewa dari segala mukjizat nabi-nabi sebelumnya, dan dapat dinikmati dari zaman Rasulullah SAW sampai hari kiamat. Mukjizat seperti ini lebih terkenal sebagai mukjizat ilmu yang meliputi berbagai bidang kajian ilmu pengetahuan dari ilmu social hingga ilmu alam atau ilmu empiris. Mukjizat berbentuk ilmu ini sesuai dengan perubahan zaman yang mengagungkan kecerdasan akal serta sains dan tehnologi.

Allah SWT telah berfirman :
Artinya : Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar…….
Di segala wilayah itu artinya di segenap bidang ilmu pengetahuan, termasuk ilmu alam atau ilmu eksakta. Terdapat ayat-ayat al-Qur’an yang selalu mendorong manusia supaya berfikir serta mengkaji dan memahami alam raya.
Ilmu Pengetahuan Alam (natural sciences) dalam hal ini meliputi fisika (ilmu alam), kimia dan ilmu hayat (ilmu tumbuh-tumbuhan, ilmu hewan, ilmu pertanian, ilmu kedokteran dengan rantingnya seperti ilmu fa’al, ilmu bedah) ilmu cuaca dan lain-lain. Dalam hal ini kami akan membahas sedikit ilmu pengetahuan alam yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari.

2.1.1 Fisika
Adalah ilmu yang mempelajari tentang materi (zat) dan energy. Materi adalah segala sesuatu yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh. Sedangkan energy adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.
Atau dengan kata lain fisika adalah ilmu yang mempelajari mengenai zat atau benda-benda mati yang kita dapati di sekitar kita.
Dalam al Qur’an, kita dapat menemukan fenomena-fenomena yang ada kaitannya dengan fisika diantaranya :
Allah berfirman dalam surat Al An’am ayat 125 :

Artinya : Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. dan Barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya[503], niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.
Sesungguhnya ini adalah pemikiran sederhana terhadap rasa, “tidak enak” atau dadanya sesak lagi sempit yang dirasakan orang di tempat yang tinggi, dan yang akan bertambah-tambah jika orang itu berada dalam tempat yang lebih tinggi. Dilihat dari segi fisika dada yang sesak itu disebabkan oleh kurangnya oksigen untuk bernapas. Mengapa semakin tinggi tempat jumlah oksigen semakin berkurang.
Zat apa saja, termasuk udara dipengaruhi oleh gaya grafitasi bumi. Udara cenderung tertarik ke bawah menuju ke bumi. Itulah sebabnya, kerapatan udara di daerah yang dekat dengan permukaan bumi lebih besar dari pada kerapatan udara di atasnya. Dengan konsep tersebut dapat kita pahami bahwa tekanan udara lebih tinggi pada daerah yang kerapatan udaranya besar dari pada daerah yang kerapatan udaranya kecil (renggang). Semakin jauh dari permukaan bumi, tekanan udara semakin berkurang.
Konsep tekanan ini tidak hanya berlaku pada zat gas saja tetapi juga pada zat padat dan juga zat cair. Konsep fisika yang berhubungan dengan tekanan zat cair dapat kita lihat dalam firman Allah dalam surat hud ayat 37, sebagai berikut :


Artinya : Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan aku tentang orang-orang yang zalim itu; Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
Apakah yang dikehendaki Allah dalam hal ini? Perhatikanlah bagaimana kapal laut dapat terapung di atas air? Atau bagaimana benda dapat tenggelam dalam air?
Untuk menjawab pertanyaan itu dalam fisika dikenal adanya prinsip atau hokum Archimedes. Dalam prinsip ini diterangkan apabila sebuah benda padat dicelupkan ke dalam suatu cairan, maka cairan itu akan mengerjakan gaya apung (gaya yang arahnya ke atas) pada benda padat itu.
Berapa besarnya gaya apung itu ? masih menurut Archimedes, besarnya gaya apung itu sama dengan gaya berat yang bekerja pada volume cairan yang didesaknya (atau yang dipindahkannya) maksudnya adalah sebagai berikut :
Misalnya anda akan berendam ke dalam bak yang terisi penuh oleh air. Kemudian jika anda masuk ke dalam bak itu, maka sebagian dari air itu akan tumpah.
Nah gaya berat dari air yang tumpah itu sama dengan gaya apung yang bekerja pada badan anda. Nah fenomena terapung, melayang, dan tenggelam ada kaitannya dengan gaya apung ini. Sebuah benda akan terapung dalam suatu cairan, apabila gaya apung yang bekerja pada benda itu lebih besar dari pada gaya berat benda itu. Selanjutnya sebuah benda akan melayang dalam cairan apabila gaya apung yang bekerja pada benda itu sama dengan gaya berat benda tadi. Dan yang paling akhir sebuah benda akan tenggelam ke dalam suatu cairan apabila gaya apung yang bekerja pada benda tadi lebih kecil dari pada gaya berat benda.
2.1.2. Kimia
Ilmu kimia merupakan salah satu cabang IPA yang mempelajari tentang susunan, komposisi, struktur, sifat-sifat dan perubahan materi, serta perubahan energy yang menyertai perubahan materi tersebut.
Ilmu kimia juga sangat berhubungan dengan biologi. Proses biologi di alam dan di dalam tubuh manusia dapat dijelaskan melalui konsep-konsep kimia. Proses fotosintesis dalam tumbuhan, proses respirasi dan proses metabolisme dalam tubuh manusia sebenarnya merupakan reaksi-reaksi yang melibatkan zat-zat kimia.
Dalam ilmu kimia salah satunya dipelajari mengenai susunan atau struktur suatu materi.
Allah berfirman dalam surat az zalzalah ayat 7 :
Artinya : Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.
Menurut Jabir Ibnu Hayyan Al Kufi (Geber)(738-813M) dari Kufah, terkenal sebagai bapak alkemi (ilmu kimia) Arab, mengemukakan bahwa dzarrah dalam ayat tersebut disamakan dengan atom, yang merupakan bagian terkecil dari suatu benda atau materi.
Mengenai kewujudan atom, al-Qur’an menyatakan, “Tiada luput daripada pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar dzarah (atom) di muka bumi ataupun di langit. Tidak pula yang lebih kecil dan tidak pula yang lebih besar daripada itu melainkan semuanya tercatat dala kitab yang nyata, Luh Mahfudz.
Di sini dinyatakan bahwa ada benda yang lebih kecil daripada atom. Menurut fisika, atom dibentuk dari bahan yang lebih kecil yaitu proton, electron dan neutron.
Konsep ini mendorong ahli kimia Barat John Dalton untuk mengadakan penelitian dan akhirnya dapat mengemukakan sebuah teori tentang atom yang dikenal dengan Teori Atom Dalton (1810M) yang mengatakan bahwa :
1. Benda terdiri dari butiran-butiran kecil yang tidak dapat dibelah lagi yang disebut atom
2. Atom tidak dapat dimusnahkan atau diwujudkan melalui proses kimia
3. Semua bentuk atom dari satu unsur adalah serupa tetapi berlainan dari atom unsur yang lain.
Dalam kimia ini juga dipelajari mengenai perubahan materi, salah satu diantaranya adalah perubahan wujud. Misalnya apabila air dipanaskan maka akan berbentuk uap air (gas) dan sebaliknya bila air didinginkan sampai 0 0c, maka air akan membeku. Pada fenomena lain, bila kayu dibakar, maka akan berubah menjadi arang atau gas karbon dioksida dan air. Fenomena air berubah menjadi uap air atau es dan kayu menjadi arang dan uap air disebut perubahan materi.
Sebagai mana firman Allah SWT : (surat An Nur : 43)
Artinya: Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, Maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, Maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu Hampir-hampir menghilangkan penglihatan.
Dari surat ini diketahui bahwa air yang ada dalam kehidupan kita dapat berada dalam tiga wujud yaitu wujud padat (es), wujud cair (air) dan berwujud gas yaitu berupa uap air (awan).
Atau dalam ayat yang lain : (surat yasin :80)
Artinya : Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, Maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu".
Ayat ini merujuk kepada bahan-bahan api yang berasal daripada pohon-pohon kayu yang hijau, yang menjadi sumber bahan api hidrokarbon, sama ada dalam bentuk kayu kering atau arang batu atau gas petroleum hasil dari pada pohon-pohon kayu yang tertanam, dihimpit dalam bumi hingga menjadi sumber api dan kuasa yang utama di zaman modern ini.

2.I.3. Biologi
Menurut bahasa, biologi berasal dari bahasa yunani bio yang artinya hidup dan logos yang artinya ilmu. Atau dapat disebutkan bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Dalam pengertian lain sains biologi adalah salah satu bidang ilmu tentang fenomena-fenomena, dan sangkut paut lembut atau kecil seperti virus atau bakteri sampai pada homo sapiens (manusia) yang telah diciptakan dengan bentuk dan strutur yang paling rumit.
Termasuk dalam hal ini adalah bidang botani (ilmu yang mengkaji mengenai tumbuhan) dan
zoology (ilmu yang mengkaji mengenai hewan) Perkara yang dikatakan alamiah atau alam semesta itu dianggap oleh orang islam sebagai ayat Allah dan mereka digalakkan mengkajinya seperti yang dinyatakan di beberapa tempat dalam al Qur’an karena melalui kajian-kajian alam semesta atau dunia, manusia itu mengetahui bagaimana indah dan menakjubkan ciptaan Allah SWT. Alam tabi’I di muka bumi ini menjadi satu kunci untuk beriman kepada adanya Pencipta yang Maha Esa. Jika sekiranya ciptaan-Nya begitu menakjubkan, lagi Pencipta (al-khaliq) itu sendiri.
Dalam bidang biologi kita dapat mengkaji dan memahami kebijaksanaan Allah SWT dalam alam semesta dan seterusnya menimbulkan kesadaran bahwa kita adalah hamba Allah. Mungkin dengan pertanyaan-pertanyaan seperti :
1. Siapakah yang membuat biji benih itu berkecambah dan tumbuh dari bumi ?
2. Siapakah yang menyebabkan turunnya hujan ?
Semua memerlukan jawaban yang dapat ditemukan melalui kajian dan penelitian yang teliti dibuat terhadap alam tabi’i.
Dalam al Qur’an terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan biologi, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut , diantaranya sebagai berikut :
Firman Allah SWT, dalam surat Al An’am ayat 99 :
Artinta : Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.
Dan dalam surat Ar Ra’d ayat 4, Allah juga berfirman :
Artinya : Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.
Melihat ayat tersebut, coba kita pikirkan keberadaan satu pohon rambutan. Tiap-tiap pohon buahnya berlainan menurut jenis, ada yang manis dan ada yang tidak manis. Ada yang berkulit merah, ada yang berkulit kuning dan sebagainya. Semua jenis buah rambutan memperoleh air yang sama dan tumbuh di atas tanah yang sama. Perbedaan jenis terkandung di dalam inti sel biji-biji rambutan tersebut. Penelitian atas inti sel itu lebih menakjubkan para ilmuwan.
Dari beberapa ayat-ayat tersebut di atas kita akan tahu bahwa dalam alam semesta terdapat unsur-unsur yang :
1. Teratur, mengikuti peraturan tertentu
2. Sempurna, sesuai dengan maksud ciptaannya
3. Harmonis, saling bantu membantu antara satu dengan yang lain, bahkan ada yang

Berhubungan erat antara satu dengan yang lain dalam sesuatu alam sekitar atau ekologi. Misalnya, jika kita menebang hutan tanpa aturan, maka akan terjadi banjir, atau jika pupuk kimia digunakan tanpa aturan, tanah menjadi gersang dan keras. Selain itu di alam pun terdapat siklus tertentu seperti siklus air, siklus oksigen, siklus kehidupan yang mana siklus ini merupakan proses terus menerus yang menakjubkan, tepat dan jitu, serta seolah-olah akan berlangsung selama-lamanya.

2.2. Peran Ipa Dan Dan Teknologinya Dalam Memenuhi Kebutuhan Ilhanusia
IPA adalah ilmu yang mempelajari tentang alam semesta sedang kan IPA adalah salah satu ilmu penerapan untuk memenuhi kebutuhan manusia
Teknologi IPA dapat di bagi menjadi beberapa macam yaitu :
1. teknologi maju yaitu teknologi tingkat pertama suatu usaha yang mengarah pada pendidikan latihan serata pembinaan para tenaga peneliti ilmiah untuk selalu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang vital serta di butuhkan oleh suatu negara .
2. teknologi adaptif (teknologi media ) yaitu perkembangan dari suatu teknologi suatu negara maju yang penggunaanya masih harus di sesuaikan kondisi lingkungan negara yang memerlukan.
3. teknologi protektif teknologi yang di gunakan untuk melindungi ( konservasi ,restorasi dan generasi ) segenap sumber daya alam yang ada .

Pada mulanya antara ilmu dan teknologi tidak selalu ada kaitannya maksud nya suatu pengetahuan tidaklah harus menjadi ilmu terlebih dahulu .sekarang ilmu dan teknologi tidak lagi berdiri sendiri tetapi selalu tunjang menunjang adapun konsep konsep dasar teknologi IPA dalam memenuhi kebutuhan manusia .
2.2.1.Materi dan Energi
Materi dalam ilmu fisika adalah apa saja yang memiliki masadan memiliki suatu ruang misalnya meja , kursi ,gunung dll.materi terdiri dari unsur kimia misalnya C,H,O,N,P dlldimana unsur unsur kimia tersebut bersambung membentuk suatu mulekul yang merupakan unsur pembentuk materi . materi dapat berwujud padat cair dan gas materi juga di klsifikasikan menjadi campuran yang homogen dan campuran yang heterogen .
Enrgi adalah sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat lain ,di mana energi ini bermacam macam bentuknya seperti :
1. Energi mekanik
2. Energi panas
3. Energi magnetik
4. Energi listrik , dimana energi listrik berasal dari
a. Air terjun
b. Energi angin
c. Energi uap
d. Energi tenaga diesel
e. Energi nuklir
f. Energi kimia
g. Energi bunyi
h. Energi cahaya

Energi tidak dapat di ciptakan dan tidak apat di musnahkan tetapi energi dapat berubah bentuk menjadi bentuk lain .

II.2.2. Prinsip pembangkit listrik
A . PLTA
Prinsip pembangkit listrik tenaga air adalah air sebagai sumber energi untuk
menghasilkan listrik yaitu dengan cara :

a. Dari sebuah danau atau sungai yang dibendung air dialirkan mulai dari suatu terowongan dengan diatur oleh alat pengontrol. Terowongan ini di buat sedemikian rupa sehingga air dijatuhkan dari ketinggian 100 m atau lebih , hal ini bertujuan untuk mengubah energi potensial menjadi energi mekanik yang sebesar besarnya ujung terowongan tersebut di tahan oleh sebuah turbin air.
b. Dengan dorongan air turbin akan berputar dan da puteran turbin ini di jadikan untuk memutar generator atau mesin pembangkit listrik.
c. Listrik yang dihasilkan akan di ubah dan diatur tekanannya dengan menggunakan transpormator dri transpormator ini listrik dialirkan ke tempat yang memerlukan.
d. Sebelum digunakan oleh rumah tangga aliran listrik diturunkan tegangan nya melalui transpormator lagi serhingga listrik yang di hasilkan sesuai dengan kebutuhan kebutuhan rumah tangga yaitu 1109/220 v
e. Sementara air yang sudah di gunakan untuk turbin dapat di gunakan untuk pengairan

B . PLTD
Prinsip PLTD sama dengan PLTA yaitu dengan cara menggerakkan generator
pembangkit listrik namun pada PLTD , motor dari generator di gerakkan oleh mesin
diesel .sebenarnya PLTD ini bersumber pada energi hasil pembakaran minyak diesel
solar.
C . Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Tenaga nuklir pada hakikatnya addalah tenaga yang timbul pada pemecahan inti atom . biasanya atom uranium di mana inti atom dapat dipecah dengan cara mengebalikan dengan netron hasil peluruhan dari zat rdioaktif yang lain inti yang pecah menjadi bagian bagian lebih kecil mengeluarkan tenaga yang besar dan melepas netron dari bagian inti jadi energi nuklir berasal dari tenaga yang mengikat inti atom. Tenaga yang keluar itu berupa panas . didalam reaktor panas yang timbul di serap oleh suatu cairanpenyerap panas dan dialirkan ke dalam air sehingga air terdebut mendidih dan menguap uap ini di gunakan untuk menggerakkan turbin uap dan selanjutnya menggerkkan generator listrik .

II.2.3.Mesin
A . Mesin bakar
mesin ini terdiri dari silinder ,piston ,roda roda penerus lengan ,busi ,kutub bahan bakar , katup pembuang
B . Mesin diesel
Mesin ini hampir serupa dengan mesin bakar yang terdiri dari silinder ,piston ,lengan penerus ,katup bahan bakar ,katup pembuang ,namun pada mesin diesel tidak digunakan busi sebagai api pembakar .
C . Mesin jet
Mesin jet terdiri dari sebuah tabung pembakaran yang panas ,sebuah mulut untuk memasukkan udara ke dalam tabung pembakaran sebuah kompresor untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam tabung pembakar dan sebuah corong pembuang gas yang letak di bagian ekor . mesin yang sangat sederhana ini ternyata sangat ampur ,digunakan terutama dalam industri pesawat yang bergerak cepat .prinsip kerjanya adalah bahan bakar dan udara adalah di injeksikan ke dalam tabung pembakar sehingga akan di hasilkan gas di sertai temperatur yang sangat tinggi dan pengembangan gas inilah yang mendorong pesawat bergerak .mesin jet bahan bakar umumnya berzat cair .
D. Mesin Turbo Jet
Mesin ini menggunakan turbin gas untuk mengatur pemasukan udara dan pengeluaran gas yang dikeluarkan dari mesin .keuntungan nya adalah udara dapat di sedot lebih banyak dalam waktu singkat dan gas yang dikeluarkan dapat diatur .
E. Turboprop
Yaitu apabila penggunaan turbin gas dikaitkan dengan propeller untuk menggerakkan sistim pemesinan dalam pesawat dalam mesin jet .
F . Roket
Roket menggunakan bahan bakar padat dan dan bahan ini sudah mengandung oksigen sebagai bahan pembakar ,misalnya nitrat dan khlorat .dalam bahan bakar terkandung zat zat yang mudah terbakar misalnya : sulfide ,sulfur ,karbon ,dsbg keunggulan roket adalah dapat menjajah ruang angkasa yang hampa udara .
G . Komputer dalam bentuk
1 . Telpon Ensiklopedia
2 . Robot pelayanan RT
3 . Berbelanja lewat telpon
4 . Para ahli hokum ,dokter atau para eksekutif dengan mengakses data
5 . Para ahli dapat menggunakan computer untuk menginjeklorasi daerah yang beresiko
6 . Computer dapat dimanfaatkan untuk melacak kejahatan .
7 . dengan computer orang dapat menjajah informasi dunia
H. Nuklir
1.Pengaruh radiasi terhadap makluk hidup .
sifat radiasi dapat digunakan untuk pemberantasan hama ,pembunuhan terhadap mikroba menghambat pertumbuhan dan pertunasan (ini digunakan untuk penyimpanan kentang ) mengubah atau memutasi gas untuk mendapatkan bibit unggul .
2 .Teknik nuklir untuk pemulihah tanaman lain
Dengan menggunakan sinar gamma yang mampu mengadakan mutasi gen dari biji bijian dapat di cari mutan (variasi hasil mutadsi gen ) yang menguntungkan bagi manusia contoh : padi yang umur pendek dan buah banyak dan tahan terhadap hama .

A. Teknik Nuklir Untuk Industri
a . Industri kayu dimana mutu kayu dapat di tingkatkan dengan merendam kedalam cairan bahan monomer kemudian di radiasi maka di monomer tersebut akan berubah menjadi polimer ( seperti plastic ) sehingga kayu menjadi lebih keras dan sangat tahan terhadap cuaca dan serangga .
b . Industri textile ,yaitu surat polister yang sukar menyerap air dengan radiasi sifatnya akan berubah menjadi mampu menyerap air dan mudah menyerap warna atau serat polipropilen dapat di ubah sifatnya dari tak tahan panas menjadi tahan panas dansebagainya .
d . Industri kulit , kulit yang di masak dengan proses radiasi menghasilkan mutu yang lebih baik .
e . Industri pengawetan makanan , di mana makanan di awetkan dengan cara membunuh kuman kuman pembusuk dengan radiasi .
3 . Teknik nuklir untuk kesehatan
Dalam bidang kedokteran .teknik nuklir umumnya di gunakan untuk mengadakan diagnosis penyakit dalam
4 . Teknik nuklir dalam industri radiografi
a . Foto hasil ronsen terhadap tulang yang patah untuk foto kondisi paru paru dengan menggunakan sinar x
b . Dengan sinar gamma dapat di peroleh gambar yang menunjukan ada untuk tidaknya kerusakan untuk ketertahanan sebuah bangunan atau untuk memeriksa sambungan baja yang di las .
5 . Teknik Nuklir Dalam Hidrologi
a . Zat radio aktif di gunakan sebagai penelusur air mengalir , ada air yang merembes dan dimana perembesan itu mengalir yang dapat di baca oleh detector gelser ihuller .
b . Untuk mendeteksi kebocoran pipa di dalam tanah
c. Mengukur air tanah arah kecepatan air dan debit air tanah .
6 . Teknik nuklir untuk study pencemaran lingkungan .
a.Mendeteksi sisa bahan obat obatan pemberantasan hama petanian
b . Mengetahui cepat lambatnya pertisida terurai dll.
7 . komunikasi dalam bentuk
a. Percetakan
b . Telegrafi
c .Telepon
d. Radio
e . Cinema atau Gambar Hidup
f . Televisi
g .Satelit Komunikasi
i . Internet





BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

1. Sumber daya penggerak umat islam adalah al Qur’an dan al Sunnah, terdapat banyak
ayat yang menyuruh umat islam mencari ilmu.

2. Yang menjadi satu kebenaran bagi al Qur’an ialah ayat yang mendesak manusia untuk memperhatikan alam sekitarnya.

3. Al Qur’an menegaskan umat islam untuk membuat penelitian dan kajian serta menggalakkan sifat sabar menghadapi berbagai percobaan dan dugaan. Inilah salah satu ciri sains yang penting terutama dalam menjalani pengujian atau membuat perhatian dan penelitian.



DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi,A&A .suprapto.1991.Ilmu Alamiah Dasar .Jakarta : PT rineka Cipta .
Darmodjo ,H&Y.Kalisis .2000.Ilmu Alamiah Dasar .jakarta :Pusat Penerbitan Universitas Terbuka .
Harmoni ,A .1992 .Ilmu Alamiah Dasar.(Seri Diktat Kuliah).Jakarta: Penerbit Ganadarma.
Jasin ,M 1995 .Ilmu Alamiah Dasar .Jakarata : PT Raja Grapindo persada .
Yatim ,W 1983. Genetika Bandung : Penerbit Tarsiko.
URL : http://erickyonanda.blogspot.com/2011/01/bab-i-pendahulan.html
Share this article :

0 Komentar:

 
Support : Blogger Template Free | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PERUBAHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger